Instalasi Gas Untuk Dapur Restoran

Untuk menunjang dapur restoran bisa beroperasi dengan baik dan efisien, maka diperlukan integrasi supply bahan bakar dengan peralatan memasak di dalam dapur restoran anda. Gallery Stainless Kitchen siap membantu anda dalam mendesain dan mengintegrasikan instalasi gas dengan peralatan memasak didalam dapur restoran anda agar menjadi dapur yang aman dan efisien. Saat ini pada umumnya dapur restoran menggunakan bakar gas karena bersih dan praktis dalam penggunaanya, selain itu gas sangat mudah di dapatkan.

Pada umumnya terdapat dua jenis gas yang dipakai untuk memasak yaitu LPG (Liquified Petroleum Gas) atau lazim di sebut elpiji yang biasanya tabungnya bisa kita isi ulang jika sudah habis, dan ada LNG (Liquid Natural Gas) atau di sebut gas kota yang biasanya intalasinya dibuat oleh pemerintah dari sumber gas sampai ke tempat/rumah kita.

instalasi gas restoran
Sentral gas diletakan diluar area dapur restoran

Untuk penggunaan gas elpiji di restoran atau industri makanan tabung gas tidak diletakan di area dapur restoran, selain untuk efisiensi ruangan agar menjadi lebih luas, tentunya sangat berbahaya apabila tabung gas diletakan dekat dengan sumber api didalam dapur restoran anda, tabung gas biasanya di letakkan di ruangan dengan udara terbuka dan gas di salurkan melalui pipa besi menuju ke area memasak melalui jalur instalasi gas.

Instalasi Pipa dan Gas Kontrol

Faktor keamanan dalam pemasangan dan penggunaan instalasi gas didalam dapur restoran menjadi hal pertama yang harus di perhatikan, oleh karena itu kami pastikan menggunakan spesifikasi yang sudah menjadi standard dalam instalasi gas agar keamanan dan kenyamanan didalam dapur restoran anda terjamin. Adapun beberapa spesifikasi mandatory adalah sbb:
  • Kualitas pipa untuk saluran gas yang kami gunakan minimal sch 40 black steel seamless (tanpa sambungan dalam) atau dengan pipa stainless sch 40 seamless (tebal minimal 4mm)
  • Regulator gas untuk menurunkan tekanan menggunakan type commercial heavy duty
  • Valve minimal WOG 400
  • Selang yang kuat tekanan tinggi.
  • Penunjuk tekanan.

 Pengamanan Tambahan

Untuk pengaman tambahan instalasi gas juga dapat di lengkapi dengan alarm pendeteksi kebocoran serta selenoid yang akan menutup gas secara otomatis apabila terdapat kebocoran, seperti gambar dibawah ini.

Panel kontrol bertugas memutuskan aliran listrik ke selenoid apabila terjadi kebocoran, penel ini dapat juga di hubungkan dengan panel gas induk  alarm dari mall atau panel alarm kebakaran (mcfa) untuk memberi informasi letak tenant yang mengalami kebocoran gas agar segera mematikan aliran gas central gedung.

Ukuran diameter pipa harus di sesuaikan dengan volume gas yang akan di gunakan tergantung banyaknya jumlah kompor dan tekanan gas yang di gunakan pada kompor tersebut yang di bagi menjadi tiga yaitu :
  1. Low Pressure : Tekanan yang biasa di pakai pada kompor rumah tangga atau kompor restoran yang tidak memerlukan api besar atau panas tinggi tekanan 0.25 kg/cm2
  2. Medium Pressure : Tekanan sedang untuk kompor kecil namun memerlukan kecepatan dan panas lebih tinggi tekanan 0.50 kg/cm2
  3. High Pressure : Tekanan tinggi untuk kompor yang memerlukan api besar dan panas yang tinggi.0.8-1 kg/cm2
Setelah instalasi selesai harus di adakan tes tekanan dengan gas nitrogen sebesar 10 kg/ cm selama 2 sampai 3 hari untuk menjamin tidak ada kebocoran dalam instalasi, untuk pemakaian gas yang besar atau jumlah kompor yang banyak harus memperhatikan kapasitas regulator awal yaitu hi-med pressure regulator agar tidak terjadi api kompor mengecil saat semua kompor di hidupkan.

kami siap membantu anda dalam mewujudkan restoran impian anda.
segera hubungi kami telp dan WhatsApp 
082111207207 (Dwi)
08881852103 (Nanang) 
email: gallery.stainless@gmail.com

6 komentar:

  1. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto diatas yang nomer dua kerjaan dimana gan?

      Hapus
  2. mf mau tanya klo ukuran pipa gas untuk restoran yg bagus yang ukuran berapa y

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sangat recomended, Instalasi nya bagus, peralatan dapurnya untuk restoran juga mangap

    BalasHapus

Produk Gallery Stainless Kitchen

Gallery Stainless Kitchen m enjual dan menyediakan Peralatan Dapur Restoran dan peralatan penunjang yang terbuat dari stainless steel sep...