Merawat Peralatan Dapur Restoran / Stainless

Dapur restoran yang kita miliki sudah semestinya kita jaga dan rawat sebaik mungkin agar bisa tetap kita gunakan dengan maksimal, peralatan dapur restoran yang sebagian besar terbuat dari stainless steel sebenarnya sudah memiliki banyak sekali keunggulan apabila dibandingkan dengan bahan besi biasa. Peralatan dapur restoran yang terbuat dari stainless steel lebih bersih dan lebih mudah dalam perawatanya, dapur restoran yang menggunakan stainless steel lebih enak dipandang karena terkesan lebih bersih dan nyaman.

Dapur Restoran Stainless Steel
Untuk menjaga agar peralatan dapur restoran yang terbuat dari stainless steel tetap dalam kondisi baik dan prima, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.
  1. Stainless steel sangan sensitif terhadap cairan kimia keras seperti pembersih lantai/keramik, karena cairan kimia tersebut dapat menimbulkan lubang kecil atau pori serta menimbulkan warna kuning yang sulit dibersihkan apabila terkena peralatan yg terbuat dari stainless steel. Apabila sudah terlanjur terkena cairan kimia tersebut maka peralatan dapur restoran tersebut harus diamplas dan digosok ulang. Oleh karena itu apabila dapur restoran dalam proses pemasangan keramik sebaiknya semua peralatan dapur restoran yang terbuat dari stainless steel dijaukan terlebih dahulu.
  2. Stainless steel adalah penghantar arus listrik yang sangat baik, oleh karena itu kita perlu memeriksa dan mengawasi peralatan listrik yang terletak diatas meja kerja yang terbuat dari bahan stainless steel agar tidak terjadi kebocoran arus listrik, karena akan sangat berbahaya apabila kebocoran arus listik terjadi dan menempel pada peralatan dapur restoran yang terbuat dari bahan stainless steel tersebut. Jangan lupa selalu periksa dan pastikan grounding terpasang dengan baik pada peralatan stainless yang menggunakan arus listrik seperti under counter chiller, freezer, bain marie (penghangat air untuk memanaskan makanan), dan gunakan selalu kabel yang sesuai dengan spesifikasinya.
  3. Stainless steel mempunyai karakteristik yang kuat dan tahan lama dan biasa digunakan juga untuk bahan pembuat pisau yang tajam, oleh karena itu melihat ada bagian yang tajam atau runcing segera hilangkan bagian itu dengan cara memotong atau diamplas dengan amplas kasar untuk menghilangkan resiko tersayat atau tertusuk dan menimbulkan luka yang serius.
  4. Membersihkan peralatan dapur stainless secara rutin setiap hari setelah dipakai, membersihkanya cukup dengan kain lap yang lembut dan air. Apabila tidak rutin dibersihkan maka akan timbul flek akibat dari kotoran yang mengendap.
  5. Setelah waktu pemakaian yang lama biasanya peralatan dapur restoran stainless tidak berkilau lagi dan terkesan buram, untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan pembersih stainless yang banyak dijual supermarket atau toko peralatan, penggunaanya sangat mudah hanya dengan menyemprot dan mngelapnya pada bagian yang buram tersebut, maka peralatan stainless anda akan berkilau lagi, namun apabila terdapat banyak baret pada permukaan stainless maka perlu diamplas dan digosok ulang agar permukaan rata kembali.

    Demikian tips dan trik dari Gallery Stainless Kitchen yang dapat anda lakukan sendiri dalam merawat peralatan dapur restoran anda agar tetap terjaga dan berfungsi dengan maksimal


    kami siap membantu anda dalam mewujudkan restoran impian anda.
    segera hubungi kami telp dan WhatsApp 
    082111207207 (Dwi)
    08881852103 (Nanang) 
    email: gallery.stainless@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Gallery Stainless Kitchen

Gallery Stainless Kitchen m enjual dan menyediakan Peralatan Dapur Restoran dan peralatan penunjang yang terbuat dari stainless steel sep...